Jumat, 18 November 2011

BIO-INFORMATIKA DALAM DUNIA BUDIDAYA

Apa ceh bio-informatika??
Dalam kuliah TI saya kemarin pak dosen menjelaskan kalau Bio-Informatika itu bisa dikatakan sebagai:
  • Suatu ilmu sains yang menggabungkan antara Ilmu Biologi, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang menjadi satu disiplin Ilmu, yang mengatur dan menganalisa data-data biologi dengan menggunakan teknik komputasi tingkat lanjut dan mempunyai tujuan lebih lanjut (oleh para ahli) untuk menemukan dan menyusun pemahaman ilmu biologi baru, dari penggabungan prinsip-prinsip yang berbeda.
Dan secara umum Bio-Informatika itu adalah Bioinformatika ialah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasi untuk mengelola dan menganalisis informasi hayati. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologi, terutama yang terkait dengan penggunaan sekuens DNA dan asam amino.
Contoh topik utama bidang ini meliputi pangkalan data untuk mengelola informasi hayati, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan struktur protein atau pun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen. Untuk lebih lengkap silahkan baca disini.

Bioteknologi dalam dua dekade terakhir telah berperan besar dalam sebagian besar disiplin ilmu contohnya ilmu kedokteran, farmasi dan pertanian. Dengan perkembangan teknologi di setiap bidang (termasuk akuakultur), peluang penelitian dengan menggunakan teknik-teknik terbaru pun muncul dan hal ini membangkitkan pula industri  bioteknologi dewasa ini.
Beberapa “platform” bioteknologi yang telah diaplikasikan pada bidang akuakultur akan dijelaskan dibawah ini:
A. Teknologi ekspresi protein
B. Mikrosatelit, RFLP, Analisis QTL
C. Vaksin DNA
D. Chip DNA
E. Proteomics
F. Teknologi Transgenik
Untuk penjelasan lebih rinci tentang beberapa platform diatas dapat dilihat disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar