Rabu, 04 Januari 2012

Summary Journal Bioinformatic of Aquaculture (UAS TI 2012)

        Seiring perkembangan zaman, bioinformatikapun mulai merambah di bidang perikanan. Sebagai contoh pada jurnal "PENERAPAN SELEKSI FAMILI F3 PADA IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus)" yang terdapat pada E-Journal UNDIP, untuk mempermudah dalam pencarian saya sediakan link download di sini.
           Ringkasan jurnal tersebut disajikan sebagai berikut :
      Pemilihan induk nila merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas produksi dari ikan nila tersebut. Dalam pemilihan induk untuk mendapatkan induk yang unggul dapat menggunakan Metode Seleksi Famili. Caranya setelah pemijahan awal kemudian anak hasil pemijahan diambil secara acak untuk dilakukan pendederan. Kemudian melakukan seleksi famili untuk hasil yang terbaik. Metode seleksi famili merupakan metode yang sering dilakukan dalam proses pemijahan, karena setelah dilakukan metode ini maka didapatkan hasil pembenihan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Oleh karena itu metode ini mulai di gunakan agar mendapatkan keturunan ikan yang baik. dengan mengacu pada metode percobaan yang terdapat pada jurnal tersebut, proses pemijahan pada masing-masing famili telah berhasil sehingga telah berhasil memproduksi generasi baru F3.
    Setelah berhasil mendapatkan generasi baru, kemudian mulai menerapkan metode seleksi famili pada keturunan F3 Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus), agar bisa menjadi idukan yang baik sehingga pada keturunan F4 nantinya juga akan lebih baik dari keturunan sebelumnya. seleksi famili ini dilakukan pada saat pendederan ikan dengan menyeleksi ikan sesuai ukuran benih yang terdapat pada saat pendederan. Untuk meningkatkan kemurniannya, maka proses seleksi perlu dilanjutkan untuk menghasilkan generasi F4. Bila pada F4 dapat menghasilkan famili dengan hereditas yang lebih tinggi dan respon seleksi yang lebih besar, maka generasi F4 ini dapat digunakan sebagai induk penjenis untuk menghasilkan induk pokok.

Demikian ringkasan singkat tentang penjelasan isi jurnal, selain bagi Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus), metode ini juga dapat diterapkan pada jenis ikan lain. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi pembaca.
Thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar